MENGENAL AS-SABIQUNAL AWWALUN

PENGERTISN AS-SABIQUNAL AWWALUN

As-sabiqunal awwalun berasal dari Bahasa Arab yang terdiri dari dua kata, yaitu: sabaqa yang artinya lebih dahulu dan awwalun yang artinya pertama. Jadi, istilah As-sabiqunal awwalun berarti orang-orang yang terdahulu yang pertama-tama masuk Islam. Golongan ini mendapatkan keistimewaan yaitu mendapatkan ridha Allah Swt. dan masuk ke surga yang terdapat sungai-sungai indah di dalamnya.

Nabi Muhammad memberikan pengajaran kepada golongan as-sabiqunal awwalun di rumah salah seorang yang bernama al-Arqam. Di rumah ini para sahabat Nabi Saw. belajar agama Islam dan membaca serta memahami Al-Qur’an. Kegiatan belajar Islam ini berlangsung secara sembunyi-sembunyi, sebab orang kafir Quraiys suka menghina dan menyakiti kaum muslim.

NAMA-NAMA AS-SABIQUNAL AWWALUN

Sahabat Nabi Saw. yang termasuk kategori as-sabiqunal awwalun diantaranya adalah:

  1. Sayyidah Khadijah ra.

Sayyidah Khadijah ra merupakan istri pertama Rasulullah Saw. Ia merupakan perempuan pertama yang masuk Islam. Bahkan, baik laki-laki maupun perempuan beliaulah manusia yang pertama kali memeluk agama yang Rasulullah Saw bawa.

Khadijah juga merupakan orang yang pertama kali mendengarkan wahyu dari lisan Rasulullah Saw dan pertama kali membaca Al-Qur’an setelah mendengarnya langsung dari Rasulullah Saw. Khadijah juga merupakan orang yang pertama kali belajar shalat kepada Rasulullah saw.

  1. Abu Bakar as-Siddiq

Abu Bakar as-Siddiq merupakan orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan laki-laki selain keluarga Nabi Muhammad Saw. Ia adalah orang yang ramah, sederhana dan mudah bergaul.

Abu Bakar sangat membantu Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah. Atas jasa Abu Bakar, beberapa orang kemudian masuk Islam seperti Utsman bin Affan, Abdurrahman bin Auf, Sa’ad bin Abi Waqash, Zubair bin Awwam, dan Thalhah bin Ubaidillah. Orang-orang ini kemudian menjadi tokoh yang cukup berpengaruh.

  1. Ali bin Abi Thalib

Setelah Khadijah, orang yang masuk Islam berikutnya adalah Ali bin Abi Thalib yaitu keponakan Nabi Muhammad. Ali menjadi orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan anak-anak. Saat itu usia Ali saat itu 10 tahun. Ia merupakan orang ketiga yang mengerjakan shalat setelah Khadijah dan Nabi saw.

  1. Zaid bin Haritsah

Zaid merupakan orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan budak. Zaid selalu membantu kebutuhan Nabi Muhammad dan melindunginya dari gangguan orang-orang kafir.

Suatu ketika, orang kafir melempari Nabi Muhammad dengan batu lalu Zaid pun melindunginya sehingga badan Zaid terluka. Zaid sudah menganggap Nabi Muhammad seperti ayahnya sendiri.

Selain keempat nama di atas, ada nama lain yang termasuk golongan as-sabiqunal awwalun yaitu Utsman bin Affan, Umar bin Khattab, Abdurrahman bin Auf, Hamzah bin Abdul Muthallib, Bilal bin Rabbah, Sa’ad bin Abi Waqash, Zubair bin Awwam dan al-Arqam.

Golongan as-sabiqunal awwalun memiliki karakter dan kepribadian yang mulia sehingga dapat kita jadikan sebagai panutan (uswatun hasanah). Mereka adalah golongan terbaik yang mendapat pengajaran langsung dari Nabi Muhamamd Saw. Kita perlu mengambil inspirasi dari kepribadian mereka yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta rela berkorban demi agama Islam.